UTBK Itu Seperti Apa?

By | Mei 4, 2023

Jika kamu sedang mempersiapkan diri untuk masuk ke perguruan tinggi, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah UTBK. UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer adalah ujian nasional yang diadakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai salah satu syarat masuk ke perguruan tinggi negeri.

Tapi, apa sebenarnya UTBK itu? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian UTBK

UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Ujian ini merupakan salah satu jenis ujian seleksi masuk perguruan tinggi yang diadakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). UTBK dilakukan secara online dan berbasis komputer.

UTBK sendiri terdiri dari beberapa tes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Kuantitatif (TKK), Tes Kemampuan Verbal (TKV), dan Tes Kemampuan Saintifik (TKS). Hasil dari ujian ini digunakan sebagai salah satu faktor dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

UTBK pertama kali dilakukan pada tahun 2013 dan sejak itu, ujian ini semakin populer di kalangan pelajar Indonesia. Di tahun 2021, UTBK diadakan pada tanggal 12-18 Mei untuk gelombang pertama dan 21-27 Juni untuk gelombang kedua.

Tujuan UTBK

Tujuan utama dari UTBK adalah untuk mengukur kemampuan akademik calon mahasiswa dalam berbagai bidang, seperti matematika, fisika, kimia, biologi, dan bahasa Inggris. Dalam hal ini, UTBK dapat menjadi acuan bagi perguruan tinggi untuk menentukan calon mahasiswa yang memiliki kemampuan yang sesuai dengan program studi yang ditawarkan.

Tujuan lain dari UTBK adalah untuk memperkecil kesenjangan antara calon mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia. Dengan adanya UTBK, setiap calon mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, tanpa terbebani oleh faktor-faktor seperti asal daerah atau latar belakang sosial ekonomi.

Terakhir, tujuan dari UTBK adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan melihat hasil UTBK, perguruan tinggi dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan dari calon mahasiswa, sehingga dapat memberikan pendidikan yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan calon mahasiswa.

Format UTBK

UTBK dilakukan secara online dan berbasis komputer. Setiap peserta akan diberikan username dan password untuk masuk ke sistem UTBK. Ujian ini terdiri dari beberapa tes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Kuantitatif (TKK), Tes Kemampuan Verbal (TKV), dan Tes Kemampuan Saintifik (TKS).

Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam berpikir kritis dan analitis. Tes ini terdiri dari 60 soal dengan waktu pengerjaan 120 menit.

Tes Kemampuan Kuantitatif (TKK) adalah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam matematika. Tes ini terdiri dari 40 soal dengan waktu pengerjaan 120 menit.

Tes Kemampuan Verbal (TKV) adalah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam bahasa Inggris. Tes ini terdiri dari 40 soal dengan waktu pengerjaan 120 menit.

Tes Kemampuan Saintifik (TKS) adalah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam sains, seperti fisika, kimia, dan biologi. Tes ini terdiri dari 40 soal dengan waktu pengerjaan 120 menit.

Hasil UTBK

Hasil dari UTBK dinyatakan dalam bentuk skor. Setiap peserta akan mendapatkan skor untuk setiap tes yang diikuti. Skor tertinggi untuk masing-masing tes adalah 800 dan skor terendah adalah 0.

Skor dari UTBK akan dimasukkan ke dalam Sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN merupakan sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Hasil dari UTBK akan menjadi salah satu faktor dalam proses seleksi SNMPTN.

Untuk peserta yang tidak lulus SNMPTN, masih terdapat alternatif lain untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, yaitu melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau mandiri.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai UTBK, ujian nasional yang diadakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai salah satu syarat masuk ke perguruan tinggi negeri. UTBK dilakukan secara online dan berbasis komputer, dan terdiri dari beberapa tes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Kuantitatif (TKK), Tes Kemampuan Verbal (TKV), dan Tes Kemampuan Saintifik (TKS).

UTBK bertujuan untuk mengukur kemampuan akademik calon mahasiswa dalam berbagai bidang, memperkecil kesenjangan antara calon mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia, dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Hasil dari UTBK dapat digunakan sebagai salah satu faktor dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Jadi, jangan takut menghadapi UTBK dan pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik. Semoga berhasil dan sukses dalam meraih cita-cita di perguruan tinggi yang diimpikan!